Bila Anda tidak menyukai
pekerjaan Anda, tentu tidak akan mudah bagi Anda untuk melaksanakan tugas-tugas
kantor. Anda akan merasa terbebani dengan tugas yang diberikan sehingga hasil
kerja tidak maksimal. Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang
disenangi tentu hal itu akan terasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan
Anda memiliki semangat untuk mengerjakannya. Misalnya, seseorang yang senang
menggambar akan antusias bila ditugasi untuk membuat desain rumah, menjadi
arsitek, atau pekerjaan lain.
Untuk itu, bersikaplah
seolah-olah Anda menyukai dan menikmati pekerjaan Anda. Beri perhatian penuh
pada apa yang sedang Anda kerjakan. Mungkin kelihatannya mustahil untuk
menyukai pekerjaan Anda sekarang. Tetapi, paksakan diri Anda untuk melakukan
ini. Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk dapat lebih
bersikap antusias. Hasilnya, Anda dapat merasakan benar-benar menyukai
pekerjaan tersebut.
Lakukan yang Terbaik
Hindari menuda pekerjaan
atau bersikap masa bodoh atas hasil pekerjaan Anda. Ini dapat membuat Anda
merasa stres akibat pekerjaan yang tidak selesai, semakin menumpuk
atau terkena omelan atasan.
Jangan melakukan
pekerjaan dengan asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang diperintahkan.
Tetapkan prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan
terlebih dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk memberikan
yang terbaik. Misalnya, Anda dapat mencatat waktu berapa lama Anda dapat
menyelesaikan pekerjaan atau hal lain untuk mengukur produktivitas. Kemudian,
tantang diri Anda untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam tugas berikutnya.
Melakukan Lebih
Bila mendapat tugas,
jangan merasa puas karena melakukan apa yang diharapkan. Nilai plus dari atasan
dan kepuasan bisa didapatkan bila Anda kreatif untuk lebih memperindah
pekerjaan Anda. Misalnya, dengan menambah informasi pendukung ketika ditugasi
untuk mengolah suatu data. Atau bila Anda menyukai teknologi tetapi Anda
bekerja di bagian akunting, Anda dapat mencari terobosan teknologi yang dapat
membantu Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Lihat Sisi Positif
Walau Anda merasa
pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak, atau
rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya.
Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang tidak seberuntung kita.
Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat pekerjaan, orang-orang yang
pekerjaan lebih berat dari kita, atau bagaimana orang yang penghasilannya tidak
sebanyak kita.
Cobalah mengingat
bagaimana saat Anda berusaha mendapatkan pekerjaan ini, misalnya bagaimana saat
itu Anda harus naik kendaraan umum, bagaimana pertama kali Anda belum mengenal
rekan kerja lainnya, ketika Anda masih bingung dengan pekerjaan yang harus
dilakukan. Mengingat perjuangan ini dapat membantu Anda lebih mencintai
pekerjaan.
Teruslah Belajar
Tugas kantor terasa
berat mungkin karena Anda belum sepenuhnya mengerti. Seorang pekeja yang merasa
berat saat ditugasi membuat suatu pekerjaan, bisa jadi karena dia belum
sepenuhnya memahami konsep tentang pekerjaan tersebut. Misalnya seseorang
ditugasi membuat laporan di Excel dengan pivot table, tentu bukan hal
yang biasa, tapi bisa dipelajari.
Maka, untuk menambah
pengetahuan, Anda dapat mencari tahu lebih banyak dari Internet, buku, atau
dari orang lain yang lebih memahaminya. Bila memungkinkan, Anda dapat pula
mengikuti kursus-kursus. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan contoh-contoh
yang ada. Dengan mengetahui lebih banyak, Anda akan lebih mudah melakukannya.
Beri Penghargaan
Bila Anda tidak
mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika Anda berhasil melaksanakan tugas
yang diberikan, Anda dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Anda
dapat memberi pujian untuk diri sendiri untuk target yang dicapai atau
merayakan keberhasilan Anda. Tentu saja, hal ini jangan dilakukan secara berlebihan.
Hindari sikap untuk
membenci pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin tertekan, merasa
stres dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai
pekerjaan Anda untuk hasil pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan
yang baik, pekerjaan tidak menumpuk, Anda dapat memperoleh kepuasan, pujian
dari atasan, promosi jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih
baik lagi.
1 Responses to "Tips ingin sukses dalam karir"
menatap di laptop dan mencari iklan sebanyak - banyaknya.. hahahaah :d
Posting Komentar